Dampak Positif
Dampak Negatif
- Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran merupakan bukti bahwa handphone mudah mengalihkan perhatian siswa dari pelajaran
- Siswa lebih tertarik pada fitur yang tersedia di handphone seperti : kamera, games, gambar, dan lain-lain, dari pada tugas-tugas mata pelajaran.
- Siswa sering disibukkan dengan SMS, miscall, baik mengirim maupun menerima, baik dari teman maupun dari keluarga.
- Dengan handphone siswa mudah melakukan kecurangan baik pada waktu ujian maupun ulangan.
- Efek psikologi dan fisik anak akan terganggu. Aktivitas yang seharusnya untuk bermain-main/berolah raga digantikan dengan aktivitas duduk sambil tersenyum-senyum karena asyik SMS dengan teman.
- Rawan terhadap kejahatan. Pelajar yang berhandphone merupakan salah satu incaran bagi yang akan berbuat jahat.
- Pemborosan yang sia-sia. Tidak perduli uang untuk uang saku atau uang buku, yang utama digunakan untuk membeli pulsa handphone.
- Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari orang tua dan guru, handphone mudah untuk mengirim dan menerima gambar/ kata-kata berbau porno yang sama sekali tidak layak diperhatikan oleh pelajar. Hal ini yang akan membuat anak dewasa sebelum waktunya.
- Sering menimbulkan cemburu sosial baru. Yang mempunyai handphone lebih mahal dan lebih baru dengan fasilitas lengkap, menimbulkan rasa malu bagi yang handphonenya sudah usang dan tidak laku.
- Diruang belajar tidak untuk belajar ilmu, tetapi untuk SMS terus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar