Kamis, 05 Mei 2011

Dampak Positif dan Negatif Handphone bagi Pelajar

Disadari atau tidak memang segala sesuatu di dunia ini selalu hadir dalam dua sisi (positif dan negatif), yang mana negatif lebih banyak dari positifnya. Hal tersebut dapat diatasi dengan kita mengelola agar sisi positif berperan dan lebih dominan dibanding sisi negatifnya. Berikut dampak positif dan negatif penggunaan handphone di dunia pelajar.
Dampak Positif
    1. Mempermudah dan mempercepat akses komunikasi
    2. Menambah pengetahuan perkembangan teknologi
    3. Memperluas jaringan persahabatan

Dampak Negatif
  1. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran merupakan bukti bahwa handphone mudah mengalihkan perhatian siswa dari pelajaran
  2. Siswa lebih tertarik pada fitur yang tersedia di handphone seperti : kamera, games, gambar, dan lain-lain, dari pada tugas-tugas mata pelajaran.
  3. Siswa sering disibukkan dengan SMS, miscall, baik mengirim maupun menerima, baik dari teman maupun dari keluarga.
  4. Dengan handphone siswa mudah melakukan kecurangan baik pada waktu ujian maupun ulangan.
  5. Efek psikologi dan fisik anak akan terganggu. Aktivitas yang seharusnya untuk bermain-main/berolah raga digantikan dengan aktivitas duduk sambil tersenyum-senyum karena asyik SMS dengan teman.
  6. Rawan terhadap kejahatan. Pelajar yang berhandphone merupakan salah satu incaran bagi yang akan berbuat jahat.
  7. Pemborosan yang sia-sia. Tidak perduli uang untuk uang saku atau uang buku, yang utama digunakan untuk membeli pulsa handphone.
  8. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari orang tua dan guru, handphone mudah untuk mengirim dan menerima gambar/ kata-kata berbau porno yang sama sekali tidak layak diperhatikan oleh pelajar. Hal ini yang akan membuat anak dewasa sebelum waktunya.
  9. Sering menimbulkan cemburu sosial baru. Yang mempunyai handphone lebih mahal dan lebih baru dengan fasilitas lengkap, menimbulkan rasa malu bagi yang handphonenya sudah usang dan tidak laku.
  10. Diruang belajar tidak untuk belajar ilmu, tetapi untuk SMS terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar